Cara meredakan sakit kepala dengan dipijat

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Bisa sakit kepala sebelah, pening, dan sebagainya. Sakit ini sering muncul akibat berbagai macam sebab, seperti kurang istirahat, kerja terkaku berat, kehujanan, masuk angin, dan sebagainya.


Sakit kepala memang tidak terlalu berbahaya namun sebaiknya kita harus segera mengatasinya agar aktivitas kita tidak terganggu. Dapat dibayangkan jika sakit kepala tiba-tiba ketika kita tengah beraktifitas. Jangan terlalu ketergantungan dengan obat untuk meredakan rasa sakit. Maka sebagai alternatifnya, anada bisa melakukan pijat refleksi pada titik-titik yang menyebabkan kepala anda sakit. Sangat mudah, Terapi pijat bukanlah kegiatan alternatif praktik kesehatan yang hanya dapat dilakukan di tempat khusus seperti tempat terapi atau bahkan panti pijat, karena dengan beberapa trik anda dapat menekan titik-titik penting pada daerah kepala untuk melepas ketegangan tanpa mengeluarkan biaya. 

Berikut adalah langkah-langkah cara meredakan sakit kepala dengan dipijat:

1.Tempatkan ibu jari pada tulang pipi di daerah dekat telinga, sambil menggunakan ujung-ujung jari untuk menekan secara perlahan dan menekan daerah antara sudut mata dan sebelum menuju telinga.
2.Menekan lebih dalam dan buat gerakan memutar, secara bertahap geser jari-jari ke atas sejajar dengan garis-garis rambut sampai berhenti didaerah tengah dahi, dan pijat sekuruh daerah kepala bagian depan dan kulit kepala.

Cara pijat untuk melepaskan ketegangan leher:

1.Untuk anda yang sering duduk lama untuk bekerja didepan computer, letakan tangan anda diatas bahu. Buang napas, lalu biarkan kepala anda mendongak ke atas sambil secara perlahan menekankan jari-jari ke telapak tangan serta menggerakan otot punggung dan bahu secar konsisten kea rah area leher.
2.Lalu, kemudian tempatkan siku pada meja untuk tempat bertumpu kepala yang ditundukan sedikit. Pijat bagian leher dari arah bahu hingga ke bagian bawah tengkorak kepala menggunakan ujung-ujung jari untuk membentuk lingkaran kecil yang dalam hingga anda merasakan otot pada masing-masing sisi tulang belakang.
3.Kemudian, tempatkan kedua tangan dibelakang kepala dan tautkan jari-jari kedua tangan. Tundukkan kepala ke depan dan biarkan beban dari kedua siku menarik kepala secara perlahan ke bawah, menarik otot-otot pada leher dan otot-otot pada punggung.

Dan cara terapi pijat yang terakhir adalah terapi pijat untuk meredakan rasa pegal punggung bagian bawah. Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1.Dengan posisi berdiri lalu letakan kedua tangan anda di kedua pinggang, dengan posisi ibu jari di bagian belakang dan jari-jari di depan.
2.Lalu secara perlahan, tekan jempol anda dengan menyentuh pada masing-masing sisi tulang belakang
3.Pertahankan tekanan ibu jari pada punggung sambil  anda menggerakkan tangan anda ke atas ke bawah dan dalam gerakan memutar seakan membentul lingkaran kecil. Pada titik-titik yang lunak dan terasa lebih sakkit, usahakan berikan pijatan lebih lama tanpa menyebabkan rasa sakit lagi pada punggung.
4.Anda gerakan ibu jari secara perlahan, inci per inci, pada kedua sisi tulang belakang, sejauh yang bisa di jangkau oleh tangan. Kemudian secara perlahan, gerakan kembali tangan dengan tekanan ibu jari yang dipertahankan tetap menyentuh permukaan yang menonjolkan tulang pada punggung anda.

Dan itulah cara merdakan sakit kepala dengan pijat, setelah pemijatan usai segeralah minum air putih yang banyak dan beristirahatlah. Dijamin saat bangun tidur nanti sakit kepala anda akan hilang dan aktivitas pun bisa kembali lancar.